MAN 22 Jakarta

Indonesia : Masyarakat Santun,Unggul dan Kreatif

By Ezra XI MIPA 1

LATAR BELAKANG

Berbahasa santun dapat di istilahkan dengan bahasa yang halus, mempunyai  nilai rasa yang baik, dan penuh kesopanan, serta berusaha menghindari permasalahan antara si pembicara dengan lawannya ketika berkomunikasi. Kemampuan berbahasa adalah cerminan pribadi seseorang jika dia menggunakan bahasa yang santun maka dia mempunya kepribadian yang baik dan berbudi.

Dan kita sebagai “Agent Of Change” harus berinovasi dengan membangun generasi yang unggul,dan kreatif agar tidak kalah saing di era digital seperti ini. Demi memajukan Negara tercinta, maka dari itu kita diwajibkan mempunyai pribadi yang unggul dan kreatif agar terwujudny remaja yang milenial dan inovatif.

Jika remaja berbahasa santun,berpribadi unggul, dan bersikap kreatif saya yakin pasti Negara kita akan menjadi Negara yang semakin cerdas dan berkualitas.

PERMASALAHAN

Akan tetapi pada zaman sekarang sudah tidak dipungkiri lagi jika remaja sudah tidak peduli dengan etika berbahasa yang baik,dan sopan. segala macam bahasa yang tidak pantas, dari binatang sampai alat kelamin bisa saja terucap tanpa dosa oleh mereka,  dan pada era globalisasai saat ini media social sudah mengambil alih setengah dari hidup manusia,

 Media social adalah salah satu media platform digital terbesar yang ada di dunia ini. Media social memberikan kepada para pengguna nya akses penyediaan, penayangan, dan pengunggahan. Dengan mudah nya pengaksesan yang didapat oleh para penggunanya yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Media sosial ini juga salah satu penyebab kurang dan turunnya adab,keunggulan dan kekreatifitasan nya para remaja masa sekarang.

Karena media social memberikan kebebasan akes kepada penggunannya, Mereka mengunggah maupun melihat sesuatu yang tidak pantas untuk dilihat. Seperti beberapa publik figur  saat ini yang  menggunakan kata kasar yang tidak pantas untuk diucap oleh para masyarakat yang bermoral, jika hanya demi atensi yang mereka dapatkan, padahal mereka yang menyuguhkan konten negative sadar, bahwasannya konten mereka adalah hal yang menyimpang.

Salah satu contoh penyimpangan dalam berbahasa yaitu seperti di sekitar kita, tidak jarang lagi para siswa berkata kasar didepan banyak, padahal mereka sudah memegang janji siswa di dekapan mereka. Dari contoh tersebut banyak mengakibatkan masalah mental seseorang dari kesulitan mencari kelebihan diri sendiri, sampai merasa kesepian. Jika para pemuda bangsa selalu seperti ini maka menjadi generasi yang sadar akan kesopanan, mungkin tidak akan menjadi hal yang mudah.

Salah satu peneliti melakukan penelitian dengan membuat Tes Torrance Berpikir Kreatif. Tes tersebut merupakan tes yang meliputi kesejatian,kefleksibelan,dan kelancaran diri seseorang, akan tetapi penelitian tersebut memberikan hasil negatif sejak tahun 90, maka dari itu negera kita sedang dalam “Kekritisan Kreativitas”  penyebab penghambatan tersebut terjadi karena beberapa hal yaitu;

  1. Tidak punya arah yang jelas dan tujuan
  2. Takut merasa gagal
  3. Takut dengan kritikan
  4. Selalu berpikir pasif

Dari beberapa permasalahan yang ada di era sekarang ini, apa usaha kita dalam berkontribusi demi membangkitkan citra Negara kita menuju Negara yang cerdas dan berkualitas?

PEMBAHASAN / ANALISIS

Berdasarkan kasus yang dialami negeri ini jika masih menjadi Negara yang krisis moral, keunggulan maupun kekreatifitasan maka menjadi Negara yang sadar akan hal itu semua akan menjadi hal yang sulit jika tidak ada kerja keras dari seluruh elemen terutama masyarakat, karena masyarakatlah peran utama untuk jalan keluar dari segala permasalahan kali ini.

Saya sebagai remaja penerus bangsa yang nanti nya akan menjadi tulang punggung bagi Negara ini, saya yakin indonesia pasti akan menjadi Negara yang sadar moral,unggul dan kreatifitas dengan mematuhi perundangan dan regulasi pemerintah. Bangsa Indonesia harus memiliki kesatuan visi dalam agenda mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan tujuan berdirinya Negara Indonesia.

Dengan Negara yang mempunyai tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa tentu harus kita penuhi cita cita tersebut dengan bekerja sama demi membangun generasi yang berkualitas di era digital. Saya akan menindaklanjuti sesuai dengan revisi atas kurang nya intropeksi pada diri sendiri dan menerapkan kewajiban dengan mengoptimalkan cara cara yang bisa dilakukan demi meningkatkan kesopanan,unggul dan kekreatifitasan anak bangsa.

Kembali ke permasalahan kita sebelumnya,Sebagai remaja bangsa yang bermoral dan mempunyai rasa sopan santun kita bisa mengurangi kebiasaan berkata kasar dengan beberapa cara yaitu;

1.Menahan diri agar tidak terbawa emosi

Menahan diri ketika bertengkar agar tidak terbawa emosi adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengurangi kebiasaan berkata kasar.

2.Memaafkan terlebih dahulu segala perkataan buruknya dan sabar

Memaafkan dan sabar menhgadapi orang yang telah mengejek dari perkataan buruknya juga bisa meredam emosi kita agar tidak berkata kasar

3.Memahami penyebab sering berbicara kasar

Pasti diantara kita sering berbicara kasar karena jarang memahami kenapa penyebab kita berkata kasar, biasanya kita berkata kasar hanya ingin dilihat keren oleh teman teman kita.

Berikut cara agar kita bisa terhindar dari kebiasaan berbicara kasar.

 Lalu ada juga beberapa cara untuk meningkatkan kualitas diri yang lebih unggul dan kreatif yaitu:

  1. Selalu melihat ke sekeliling lingkungan agar mendapatkan referensi ide baru
  2. Percaya diri
  3. Tuangkan semua ide mu
  4. Jangan lupa rancang semua tujuan hidup mu

KESIMPULAN / SARAN

Berikut adalah kunci jawaban dari semua permasalahan essai saya kali ini, dengan memngikuti cara cara brikut yang dapat mungkin dapat membangkitkan semangat anak bangsa agar bisa menghilangkan kebiasan buruk mereka dan mulai menjadi remaja yang berbahasa santun,unggul,dan kreatif di masa era digital seperti ini. Maka, mari bergotong royong saling membantu sesama individu demi terciptanya kualitas Bangsa yang cerdas dan yang terpenting terwujudnya generasi yang sopan dan berinovatif karena ingatlah! Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah salah satu cita cita bangsa Negara kita Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *