MAN 22 Jakarta

PALMERAH, JAKARTA BARAT – “Pemuda harus bersatu padu membangun persatuan juga berperan serta dalam pembangunan bangsa Indonesia di masa depan” ucap Bapak Irwan, M.Pd menyampaikan isi pidato dari KEMENPORA.Hari ini Jumat (28/10) MAN 22 Jakarta Barat melaksanakan upacara peringatan Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda merupakan peristiwa awal mula ditanamkannya semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di tengah ancaman penjajahan. Semangat pemuda-pemudi ini yang mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang utuh dan merdeka.

Peristiwa tersebut adalah langkah awal yang membawa perubahan masif bagi bangsa Indonesia dari keadaan tertindas belenggu penjajahan, lalu bergerak merebut kemerdekaan. Hal tersebut dapat terwujud tidak lain, karena peran besar para pemuda yang menjadi bagian penting dari perjalanan bangsa Indonesia.

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda bertempat di lapangan MAN 22 Jakarta Barat

Pemuda memiliki pengaruh besar di berbagai zaman dan di berbagai lini kehidupan. Semangat Sumpah Pemuda sangat dibutuhkan khususnya untuk para pemuda Indonesia saat ini. Di tengah kemajuan teknologi yang sangat pesat, serta internet yang semakin membuat dunia mengglobal menimbulkan efek besar pada peradaban manusia.

Semangat Sumpah Pemuda harus tetap dikobarkan di masa kini, agar kemajuan yang sudah ada dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa Indonesia. Tidak hanya untuk hiburan semata yang membuat terlena dan mengarahkan pada kehancuran generasi bangsa.

Para pemuda Indonesia haruslah mewariskan semangat Sumpah Pemuda untuk kemajuan masa depan. Boleh jadi, perjuangan pemuda-pemudi saat ini tidak serupa dengan perjuangan para pemuda Indonesia zaman dahulu. Tetapi tantangan serta ancaman yang dihadapi oleh bangsa Indonesia akan selalu ada bahkan muncul di berbagai aspek kehidupan dan para pemuda adalah kunci untuk menghadapi itu semua. Dengan peringatan Sumpah Pemuda ini mari kita tanamkan pada diri kita, bahwa Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan oleh generasi muda Indonesia puluhan tahun yang lalu bukan hanya janji kosong tetapi merupakan obor semangat yang harus kita jaga agar tetap berkobar untuk menuju kejayaan bangsa Indonesia di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *