MAN 22 Jakarta

PALMERAH, JAKARTA BARAT – Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berdampak pada banyak aspek kehidupan manusia. Tidak terkecuali pada bidang pendidikan juga mengalami kemajuan seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknlogi.

Hari ini Jumat (4/11) siswa-siswi MAN 22 Jakarta Barat diperkenalkan pada media pembelajaran berbasis digital khususnya pada mata pelajaran Matematika. Pengenalan media pembelajaran berbasis digital ini dibantu oleh mahasiswa-mahasiswi dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Adapun media pembelajaran tersebut berbasis aplikasi digital bernama Flipped Classroom yang mampu diakses melalui smartphone siswa-siswi.

Melalui media pembelajaran berbasis aplikasi digital pada pembelajaran Matematika dinilai sangat membantu siswa-siswi dalam proses belajar. Pelajaran Matematika yang dikenal banyak orang sebagai salah satu pelajaran yang memusingkan karena berkaitan dengan hitungan serta rumus-rumus. Tetapi dengan adanya pembelajaran digital ini berdampak positif untuk pemahaman dalam pembelajaran Matematika.

Tampilan pengguna aplikasi Flipped Classroom

Di dalam aplikasi tersebut terdapat banyak sekali soal-soal maupun modul pembelajaran yang juga diserta dengan video. Tentunya hal ini merupakan pengalaman berharga yang membawa kemajuan bagi pembelajaran matematika.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pendidikan sangatlah memiliki pengaruh yang masif bahkan untuk perkembangan dunia. Belajar di masa sekarang tidak hanya mengandalkan buku-buku mata pelajaran saja, dengan hadirnya internet, modul online, kursus online, dan aplikasi pembelajaran digital membawa dampak yang sangat pesat pada gaya belajar peserta didik.

Sumber pengetahuan di era sekarang semakin banyak dan ini harus dapat dimanfaatkan dengan sangat baik. Hal ini juga perlu dilaksanakan dengan sifat selektif dan tanggung jawab dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital serta mewaspadai penyalahgunaan internet ataupun aplikasi dalam kehidupan sehari-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *